the story of a lady and a young woman

Book Review : Bits, Boobs and Blobs

Filed under: We are Mommies | Tags: | December 23rd, 2005
Post

Published in : We are Mommies Homepage
Author: Jeanne Willis & Lydia Monks

Sebuah buku yang menerangkan dengan caranya yang sederhana mengenai perubahan-perubahan dalam tubuh anak perempuan yang memasuki masa pubertas. Buku ini yang dipilih sendiri oleh anak perempuan saya yang bulan depan akan menginjak usia 11 tahun dan sangat membantu anak perempuan saya dan mudah-mudahan anak perempuan anda juga. Jika dilihat dari golongan umur dari pembacanya, buku ini disarankan untuk dibaca oleh anak-anak usia 10 tahun ke atas.

Dikemas dalam bentuk yang sangat informatif dan masih disampaikan dalam bahasa inggris yang mudah dimengerti oleh anak-anak usia di atas 10 tahun. Cara penyampaiannya terkesan ringan dan kocak walau sebenarnya topik yang dibicarakan sangat detail ke topik tubuh manusia (perempuan) dan kesehatan, sehingga membuat golongan pembacanya yang masih anak-anak tertarik untuk membacanya. Demikian halnya dengan dengan jenis huruf, gambar dan penataan letak per halaman yang sangat menarik, membuat sang anak tidak mereasa sedang membaca satu hal yang serius dan berat untuk dapat disimak dan dicerna dengan baik.

Sangat ideal untuk anak-anak perempuan yang memasuki masa pubertas, bagaimana mereka harus menyikapi perubahan yang terjadi di tubuh mereka seperti : menstruasi (tanda-tandanya, perubahan mood, cara memakai pembalut dll), payudara (pembengkakan, bentuk-bentuk payudara, berbagai macam dan ukuran beha, dll), perubahan pada tubuh seperti pinggul yang membesar, hormon, bulu-bulu halus yang tumbuh di ketiak mau pun pada kemaluan, organ wanita (bagaimana menjaga kebersihan, cara membersihkan yang tepat dll).

Rasanya hal-hal tersebut di atas yang dulu pernah ada di kepala sewaktu kita para kaum ibu berada di usia mereka ada semua di buku ini. Tentunya sebagian dari kita dahulu sangat malu untuk menanyakan kepada ibu kita, semuanya diterangkan dengan jelas dalam buku ini.

Seandainya saja buku ini dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan dapat menjadi panduan bagi anak-anak perempuan di tanah air tentunya akan sangat membantu ibu-ibu seperti saya lainnya yang anak perempuannya sedang memasuki masa pubertas. (Sylvie Gill)

CATATAN:
Satu hal yang tidak dapat diterapkan pada anak perempuan kita dari buku ini adalah tentang pemakaian TAMPON sebagai alat bantu selama masa menstruasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *