the story of a lady and a young woman

Menanamkan Rasa Saling Percaya dengan Anak

Filed under: Blurb | Tags: | July 7th, 2006
Post

Published in : We are Mommies Homepage
Date : June 13, 2006
By : Sylvie Gill

1. Be There
Biarkan anak berbicara apa saja. Bagaimana hari mereka di sekolah? Ajukan juga pertanyaan seperti, “Perasaan kamu bagaimana?”. Biarkan anak untuk dapat mengekspresikan ide, perasaan dan kecemasan hati mereka. Jangan lupa untuk menjadi pendengar yang baik jika mereka sudah dapat memulai hal tersebut di atas. Hindari sikap mendikte mereka. Sebisa mungkin untuk dapat meluangkan waktu setiap kali mereka menginginkan keberadaan Anda, contohnya ketika mereka sedang mempunyai masalah. Dorong anak untuk dapat mengekspresikan perasaan mereka dengan cara lain yang lebih kreatif, misalnya dengan menulisnya dalam catatan harian yang dapat ditinggalkan untuk Anda jika keseharian Anda lebih dominan di kantor atau mungkin dengan cara menggambarkan perasaan mereka melalui gambar hal ini mungkin hanya dapat diterapkan pada golongan usia anak tertentu.

2. Be Consistent
Sebaiknya Anda dapat meluangkan waktu untuk dapat berbicara dari hati ke hati dengan anak secara rutin. Hal ini dapat membuat anak merasa aman dan terlindungi. Terangkan juga mana hal yang baik dan buruk dan sekali lagi dalam hal ini, Anda dianjurkan untuk selalu konsisten.

3. Let Your “No” Be No
Jika Anda mengatakan “tidak” kepada anak Anda, pastikan bahwa mereka paham akan alasan mengapa Anda mengatakan kata “tidak” dan jangan lupa untuk selalu konsisten. Jika mereka mempertanyakan kebijaksanaan akan kata “tidak” Anda, hindari tindakan over-react karena hal ini justru akan memperburuk kepercayaan yang Anda sedang bangun dengan mereka. Anda juga dapat mengingatkan akan segala peraturan yang anak dan Anda telah sepakati dan konsekwensi yang mereka dapat jika hal ini dilanggar. Hindari berbicara dengan nada tinggi apalagi berteriak. Pada dasarnya anak hanya ingin mengetahui arti kata “tidak” Anda dan jangan lupa untuk mempertegas bahwa sekali tidak akan tetap tidak.

4. No Secrets
Berikan penjelasan kepada anak-anak bahwa alangkah tidak baiknya menyimpan rahasia diantara kalian berdua. (Sylvie Gill)

Sumber : Practical Parenting Advice
Image : Google Image Bank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>