the story of a lady and a young woman

(Seri #57) : Photo Bercerita

Filed under: The story behind | Tags: | January 20th, 2007
Post


Click photo for better viewing

Judul : Kepingin digigit

Photo di atas adalah tumpukan kalung untuk Estrella Ethnic Accesories Counter yang Syl buat dari beads yang penampakannya sekilas seperti kolang-kaling atau buah atep atau kalau orang Sunda bilang, curuluk. Beads yang menggemaskan dan kepingin digigit aja rasanya.

Let’s talk about Kolang-kaling !

Tahukah kamu kalau Kolang-kaling ternyata dapat menguruskan badan ! Tidak percaya? Simak keterangan berikut.

Menurut Wikipedia Edisi Indonesia :

Kolang-kaling dibuat dari biji pohon aren (arenga pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah. Untuk membuat kolang-kaling, para pengusaha kolang kaling biasanya membakar buah aren sampai hangus, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam. Biji yang sudah direbus tersebut kemudian direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermentasikan.

Selain memiliki rasa yang menyegarkan, mengkonsumsi kolang kaling juga membantu memperlancar kerja saluran cerna manusia.

Kandungan karbohidrat yang dimiliki kolang kaling bisa memberikan rasa kenyang bagi orang yang mengkonsumsinya, selain itu juga menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun, sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.

Salah satu New Year Resolutions Syl di tahun 2007 adalah membasmi keberadaan lemak-lemak nakal yang menyebar di sekujur tubuh – tidak pernah diundang tapi pandai sekali menyusup dan tanpa diragukan lagi mereka kerasan sekali bermukim di tubuh Syl. Huh!

Sepertinya asyik sekali menyantap kolang-kaling yang kenyel-kenyel enak tetapi juga berkhasiat dan yang pasti dapat merampingkan tubuh. Tanpa perlu diragukan lagi, keberadaan kolang-kaling tidak ada di Mandalay, kota mungil tempat kami bermukim. Kangen ? Pasti !

Bicara tentang kolang-kaling jadi ingat Mamang penjual kolang-kaling di Pasar Mayestik yang juga menjual Tape Singkong, Cendol Hijau rasa Pandan, Cincau Hitam, Pacar Cina. Waduh… jadi kepingin es campur dengan es serut di atasnya sekarang.

Aarrrgggghh….

5 Responses

  • Durin | January 20th, 2007 @ 22:41 | Reply

    tinggal tambah cairan putih kayak susu atau perasaan kelapa dah mirip es teler, Syl :lol:
    Beadsnya dari batu/bahan apa ya, Syl?

  • rani | January 24th, 2007 @ 00:07 | Reply

    bener, bead-nya sepintas mirip kolang-kaling :D
    good luck untuk resolusi 2007-nya!

  • Eva | January 24th, 2007 @ 07:10 | Reply

    Hallo mbak syl !
    Salam kenal ya ! Saya sering berkunjung ke sini, lihat2 resep dan terutama foto2nya mbak. Semuanya bagus banget ! Two thumbs up ! :grin: Boleh tau mbak belajar fotonya di mana ? thanx ya ! :wink:

  • hani | January 24th, 2007 @ 11:57 | Reply

    wah jadi pengen kolang-kaling nih. yah berhubung yang seger nggak ada, yang kalengpun jadilah :mrgreen:

  • Hany | January 24th, 2007 @ 13:00 | Reply

    Mbak Syl, nanti aku beli kolangkaling juga deh. :D

    Btw, aku udah kirim e-mail ke syl…@gmail… ttg kertupos yg waktu itu. Moga2 e-mail ku nyampe. Tapi kalo nggak nyampe silakan mbak Syl kirim alamat mbak ke alamat e-mail ku yg terikut di tanggapan ini, yah. Makasiiiih….. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>