the story of a lady and a young woman

Tips : Merawat Pakaian Dalam Bagian Atas

Filed under: We are Mommies | Tags: | June 17th, 2007
Post

Published in : We are Mommies Homepage
Date : 13 February 2007

Akhirnya usai sudah masa pencarian pakaian dalam bagian atas yang rasanya sungguh sangat nyaman dipakai. Dimulai dengan kelenturan bentuknya yang tidak terlalu longgar dan juga tidak terlalu ketat, serasa dapat menempel pada tubuh dengan sempurna, belum lagi jenis bahannya yang dapat menyerap keringat di kala kegiatan sehari-hari sedang giat-giatnya.

Nah, kalau sudah mempunyai jenis pakaian dalam bagian atas yang seperti ini, dimana kadang harganya pun tidaklah murah tentu kita ingin sekali dapat memeliharanya agar dapat dipakai dalam jangka waktu lama.

Tentu saja masa pemakaian dari pakaian dalam bagian atas kita ini tidak akan bertahan untuk selamanya, tetapi jika kita dapat mengikuti instruksi cara perawatannya dengan seksama, masa pakainya dapat diperpanjang. Menurut sebuah catatan data statistik, rata-rata pakaian dalam bagian atas kita yang biasa dipakai sehari-hari dapat bertahan kurang lebih 6 bulan hingga 1 tahun. Ingin agar pakaian dalam bagian atas kita awet dan tahan lama ? Berikut adalah tips cara merawatnya:

Instruksi pencucian
Cucilah pakaian dalam bagian atas kita setiap habis dipakai. Perhatikan juga bahwa, cairan seperti minyak wangi, lotion dan deodorant dapat memberikan noda pada bahan dasar pakaian dalam bagian atas yang biasanya terbuat dari jenis bahan yang sangat halus. Perpaduan cairan minyak wangi, dan lainnya dengan keringat tubuh kita dapat menyebabkan mengendurnya bahan elastis / karet dari pakaian dalam bagian atas. Pencucian secara teratur dapat mencegah terjadinya pengenduran bahan elastis tersebut. Ingat juga bahwa pabrik pembuat pakaian dalam sungguh sangat mengerti akan hal ini. Oleh karenanya ikutilah instruksi yang biasa tertera pada label yang menempel pada bagian belakang pakaian dalam bagian atas kita.

Mencuci dengan cara manual
Isi sebuah ember kecil dengan air dingin secukupnya dan sabun deterjen.
Kucek secara perlahan dan jangan merendamnya lebih dari 5 menit.
Bilas dengan air dingin hingga bersih, lalu peras hingga tetesan air habis.
Keringkan dengan menyerap sisa air dengan handuk dengan cara menekan-nekannya.
Gantung hingga kering.

Mencuci dengan mesin
Pastikan semua pakaian dalam bagian atas dimasukan terlebih dahulu ke dalam lingerie bag (kantong khusus untuk pakaian dalam yang dapat dibeli di supermarket terkemuka). Hal ini untuk mencegah terjadinya, kawat pakaian dalam kita menjadi bengkok, tergores maupun menjadi kusut dan terjebak di antara pakaian lain ketika mesin cuci berputar. Atur mesin cuci diatur pada putaran yang paling rendah.

Bahan khusus – Dry Cleaning
Ada beberapa pakaian dalam bagian atas yang terbuat dari bahan khusus dan tentunya tidak dapat dicuci dengan menggunakan mesin mau pun tangan. Jika instruksi dari pabrik menyatakan bahwa pakaian dalam bagian atas tersebut harus dicuci dengan cara di dry cleaning (dikirim ke binatu), ikutilah saran ini demi kelangsungan masa pakai pakaian dalam bagian atas kesayangan kita.

Cara Pengeringan
Menurut informasi dari bagian pelayanan bagi pembeli di toko pakaian dalam terkenal merek Victoria Secret : “Pakaian dalam bagian atas harus selalu digantung dalam proses pengeringan’. Proses pemanasan dari mesin pengering dapat merusak bahan elastiknya. Hal yang sama juga akan merusak bahan katun, kawat bahkan suhu panasnya dapat membuatnya menjadi menciut. Setelah dicuci, biasakan menggantungnya hingga kering. Jauhi juga dari panas sinar matahari yang dapat memudarkan warna aslinya bahkan dapat membuat warna dasar seperti warna putih menjadi kecoklatan. Sekali lagi, ingatlah untuk selalu membaca instruksi yang biasanya menempel pada bagian belakang pakaian dalam bagian atas. (Sylvie Gill)

Sumber : Dari berbagai sumber di internet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>