the story of a lady and a young woman

Ayam Rica-Rica

Filed under: Ayam | Tags: | December 12th, 2005
Post

Ayam Rica-rica adalah salah satu masakan khas Manado. Kalau surf the net dan cari-cari resep Ayam Rica-rica, banyak sekali versinya. Ada yang pakai bawang putih, sepertinya kalau masakan Manado jarang sekali menggunakan bawang putih. Ada resep yang pakai terasi, tomat, daun bawang, sampai kunyit segala. Ayamnya juga ada yang langsung dimasak, ada juga yang setelah dimasak dipanggang kembali bersama bumbunya. Pokoknya banyak versinya.

Berikut resep Ayam Rica-rica versi lain lagi yang sesuai dengan selera dan cocok di lidah kami. Kalau suka akan aroma daun jeruk dan sereh, bisa ditambahkan lebih banyak. Jumlah cabai bisa disesuaikan selera. Tapi karena namanya Rica yang artinya cabai dalam bahasa Manado, tentunya akan mantap kalau pedas.

Selamat mencoba dan sajikan dengan nasi panas ngepul-ngepul.

Bahan:
1 ekor ayam, potong 20 bagian
2 sdm air jeruk nipis dan 1 sdt garam
3 batang serai, memarkan
2 cm jahe, memarkan
5 lembar daun jeruk
200 ml air
5 sdm minyak goreng

Haluskan:

20 cabai merah besar
30 cabai rawit merah
20 butir bawang merah
2 sdt garam

Cara Membuat:
Ayam cuci bersih, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan sebentar, goreng hingga agak kecoklatan.
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan ayam, serai, jahe dan daun jeruk, masukkan air dan masak hingga ayam matang dan kuah menyusut, angkat.
Sajikan hangat dengan nasi.

Sumber resep :
Indosiar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>