the story of a lady and a young woman

(Seri #2) : Photo Bercerita

Filed under: The story behind | Tags: | July 20th, 2005
Post

Klik photo untuk melihat dalam ukuran lebih besar

Judul : Pangkalan Bis

Ini bukan pertama kali saya menulis tentang bis yang terlihat di photo di atas, sudah banyak tulisan saya di blog ini dengan topik yang sama rasanya dan saya tidak pernah bosan. Angka 4 dalam satuan tahun yang dapat menerangkan lamanya saya merantau di negara ini masih saja membuat saya selalu panik dan takjub ketika bis ini tampak dalam pandangan saya. Tangan saya akan otomatis mengaduk tas mencari kamera, selalu ingin diabadikan, mulai dari bentuk, warna, interior, dan masih banyak sudut-sudut yang belum dapat saya abadikan. Jenis bis yang menggunakan mesin Chevrolet ini mungkin langka di tempat lain yang lebih maju tentunya.

Secara tidak sengaja saya menemukan pangkalan bis ini. Mmmmh, akhirnya saya dapat ‘menangkap’nya dalam keadaan diam. Kali ini giliran saya yang bergerak kesana-kemari mencari posisi yang paling tepat agar jejeran bis ini dapat terekam dengan baik yang akan menjadi kenangan manis ketika kami kembali ke tanah air kelak.

Setelah saya pandangi dalam-dalam photo di atas, jejeran bis di pangkalan bis ini mengingatkan saya akan suasana terminal bis Cililitan di awal tahun 90 an. Masa-masa dimana saya harus menempuh perjalanan tiap pagi dari rumah di Bogor dengan Kereta Api Pakuan ke Jakarta. Di penghujung hari karena kerap bekerja overtime dan Kereta Api Pakuan terakhir ke Bogor sudah tidak ada lagi, saya pun harus pulang ke Bogor dengan mencegat bis dari daerah Cawang atau naik bis yang masih antri menunggu penumpang di dalam terminal bis Cililitan.

Mmmmh, semuanya masih ada dalam ingatan, suasana malam di Cililitan : ibu penjaga kamar kecil, penjual majalah langganan, kios minuman dingin, pengamen. Seandainya pada masa itu saya sudah peka akan sekitar dengan selalu menenteng kamera di dalam tas, semuanya pasti akan lebih jelas terekam.

Masa kala masih bujang.
Masa kala keberanian masih penuh di dada.
Tak ada rasa takut.

Mengejar karir.
Mengejar impian.
Tak ada rasa lelah.

Pap, masih ingat satu sore di Cillitan yang diwarnai hujan deras dan kita berpayungan berdua? Mengejar bis Indah Murni jurusan Bogor ?

Sebuah photo sederhana.
Mengingatkan saya akan masa lalu yang kerap membuat saya tersipu.

Sweet to remember.

22 Responses

  • ex-cililitan | July 21st, 2005 @ 12:25 | Reply

    ya, ingat. we had many of those rainy afternoons. and in a heart beat, I would do it all over again, thousand times even more, with you.

  • Riana | July 21st, 2005 @ 14:14 | Reply

    Nice picture….
    Syl, nyepuit kue siapa bilang gak gemeteran, hehehe… Sebelumnya aku latihan dulu sampe gak gemeteran, baru nyemprot ke kue.. hihihi…

  • retno | July 21st, 2005 @ 14:26 | Reply

    makasih kembali mbak :)

    wah dr foto bis myanmar jd nostalgia juga ya mbak :)
    itu chevroletnya keluaran thn brp?

    mo liat resensi bukunya cemara dulu ya

  • wendy | July 21st, 2005 @ 14:56 | Reply

    wadddooohh si ex cililitan rom-rom amaaattt… :-D gak kuku deh si papap syl, hihi.. memori payungan berdua. asik ya kalo kenangan indah tiba2 dipicu lagi secara gak disangka2 oleh hal2 yang kita come across di tempat berbeda. fragrance juga pemicu yg kuwat loh. aku pernah tiba2 nyium bau parfum orang, trus ada perasaan masa lalu yg bisa dirasain lagi. hebat yak kalo dipikir2. jadi kali semuanya masih disimpan di harddisk kita ya, syl. dan baru keluar ke permukaan kalo ada pemicunya.

  • Devita/Alya's Mom | July 21st, 2005 @ 15:26 | Reply

    mmh..mmhhh…mmmhhh…mau ngomenin cerita jadi berenti begitu ngeliat komentar paling atas…duh…jadi ikutan mellow…

  • edhish | July 21st, 2005 @ 16:06 | Reply

    wahh nostalgia yah Mba..
    fotonya keren banget Mba..

    btw, itu ex-cililitan Papap yah.. hihihi

  • ika | July 21st, 2005 @ 19:02 | Reply

    wah bis2 itu masih bisa jalan ya Syl .. kaya bis2 di film2 perang gitu ya .. di tembagapura dulu bisnya modelnya spt itu juga, warnanya biru atasnya putih utk publik, trus school bus nya kuning .. tapi masih aga mendingan dikit sih ..

    wah cililitan euy gak kukuw .. kayanya skrg makin serem ya di situ ?!

  • ita | July 21st, 2005 @ 19:16 | Reply

    Romantis euy.. aku kalo dingin dan hujan, malah inget tukang gorengan di terminal depok ..hihi..

  • Nita | July 21st, 2005 @ 13:19 | Reply

    Hehe.. berpayung berdua, jadi inget lagu cengeng jaman baheula
    “…Yang hujan turun lagi
    dibawah payung hitam kuberlindung…” :)

  • durin | July 21st, 2005 @ 23:47 | Reply

    papap + bu Syl sama-sama romantis deh :)
    hujan banyak membawa kenangan ya…

  • Luigi | July 22nd, 2005 @ 02:19 | Reply

    Indah Murni? –> Wah itu mah bis Jimat! dan penuh memori, bisa basah si baju ini karena peluh, belom lagi harus mencium bau kelek si kondektur geblek itu yang kekeuh-sumekeuh.com treak2 : “kosong..kosong…100x” padahal didalem udah sumpek bak periuk ikan asin, gelo dah! – itu juga perjuangan jaman era masih pacaran..

    Alhamdulllah, sekarang gak naik bis lagi.. meski naik pesawat, tetp aja si bau kelek itu gak bsia dihindari, meski ganti orang, yaitu orang2 afrika yang notabene aroma kelek-nya jauh lebih nyaring dari domba garut! – gelo dah! :)

    Kangen pisan euy, dah lama gak mampir.. :)

    Salam rindu dari West Africa

  • ibunyanadjAidan | July 22nd, 2005 @ 08:53 | Reply

    uhuy! payungan beduaan ni ye ^_^

  • yanti | July 22nd, 2005 @ 15:11 | Reply

    haduuuhhh.. romantis bgt.. nais wiken nya teh :)

  • hani | July 23rd, 2005 @ 08:10 | Reply

    wah bu, bis kaya’ gitu masih bisa jalan ya…mungkin karena mesinnya chevrolet kali ya…hehehe

    duh romantisnya si papap ama si mamahnya cemara :)

    mau ikutan kelas dilaut ya bu. ayo! tapi hati2 ketagihan…hehehe

  • Luigi | July 23rd, 2005 @ 19:44 | Reply

    Ada YM! ID nih.. : pralangga, sok atuh kita ngobrol masalah opelet bau dan butut..di Monrovia banyak kok! :)

  • Bunda Shafiya | July 23rd, 2005 @ 20:39 | Reply

    Mbak Syl..your post surely brings back my memories..:D

    jadi inget payungan berdua ama mantan pacar pas kuliah dulu malam hari di kampus..pada saat malam kesenian… WOW…:D

    Tapi..ssst….jangan bilang2 Bapak Shafiya yah….:)

    Met wiken mbak

  • roro | July 24th, 2005 @ 03:51 | Reply

    pertama liat picnya: ‘romantiz’ biarpun mobilnya ‘antik’ gag taunya isinya bikin ikut termehe-mehe nihhhh…

    salam kenal yah, makasih dah mampir. saya jug amo intip2 dapurmu ahhh…

    *Wih asik nih kek restorant ;p

  • atta | July 24th, 2005 @ 13:25 | Reply

    waduh. siapa tuh sore-sore di cililitan.
    doain ya bu, mudah2an duit ngumpul, D70 di tangan dan kita hunting bareng di Mandalay. hehehehhe. *mimpi kan boleh ya?*

  • astri | July 25th, 2005 @ 12:35 | Reply

    hihihiy, si papap romatis juga yaaaaaahhh… *baca komen paling atas* :D
    sayang fotona gag kliatan mba, gag kebuka.. aku berkali-kali ‘show picture’ juga teteup we gag mau…. knapa yah?

  • mamanadya | July 25th, 2005 @ 20:07 | Reply

    hai mba syl. lam kenal ya? adduh baca-baca entrinya mba, kayaknya mba lagi didera rasa kangen ama masa lalu ya? romantis banget dua-duanya lagi klop deh (mba and suami) suiiiiiitttttttttt.

  • *)Iin | July 25th, 2005 @ 20:31 | Reply

    duhhh romantisnya mbakkk :)

  • Novita | July 27th, 2005 @ 15:28 | Reply

    What a romantic sentence.
    It’s wonderful and real blessing for having a loving husband.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>