the story of a lady and a young woman

Africain Gâteau

Filed under: Cake | Tags: | June 1st, 2006
Post

Dapur online nya Riana selalu bikin lidah ini berdecak dan memberi semangat untuk mencoba. Sebenarnya agak ragu dengan kemampuan diri dalam membuat kue, apalagi setelah mencoba Devil’s Food Cake yang gatot aka gagal total, kok rasanya agak ragu mencoba lagi kue Devil itu, karena telurnya 25 butir…..

Tapi semangat tetap membara, mau mencoba cake lagi kali ini Africain Gâteau setelah ngiler cukup lama sekali dengan hanya bisa memandangi photonya. Buatan pertama lumayan, walau loyang kebesaran dan terjadi kecelakaan waktu memotong kue menjadi layers. Masih semangat dicoba lagi dan hasilnya….. Tarrraaaa…..

Resep yang satu ini patut dicoba dan dijamin ketagihan! Riana, thank you so much for sharing the recipe in your online kitchen in which always encouraging.

(Sumber: Majalah Santap)

Sponge Cake:
100 gr tepung terigu protein sedang, ayak
30 tepung maizena
30 g coklat bubuk
8 kuning telur
5 putih telur
175 g gula bubuk
75 g mentega tawar, lelehkan

Sirup Rum:
100 g gula pasir halus
80 ml air
4 sdm rum

Vla:
8 kuning telur
90 g tepung maizena
700 ml susu cair
150 gr gula pasir halus
4 sdt rum
Coklat bubuk untuk taburan

Peralatan khusus:
1 loyang bulat/persegi 22 cm untuk memanggang
1 loyang bongkar pasang atau ring bulat/persegi 20 cm untuk menyusun kue

Cara Membuat:

1. Olesi loyang 22 cm dengan mentega. Lapisi dasar loyang dengan kertas roti. Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius.

2. Ayak terigu, maizena dan coklat bubuk sebanyak 2 kali. Sisihkan. Dengan mikser berkecepatan tinggi, kocok semua telur hingga mengembang.

3. Bertahap, masukkan gula sambil terus dikocok hingga mengembang dan kental (jika adonan dijatuhkan dari spatula, akan membentuk pita yang membekas di atas adonan dan lama hilangnya).

4. Ayak campuran terigu ke dalamnya, aduk balik dengan spatula. Terakhir masukkan sedikit adonan tepung ke dalam mentega cair untuk mengentalkan, aduk balik sampai rata. Kemudian balik masukkan adonan mentega dalam beberapa tahap ke dalam adonan tepung. Aduk balik hingga rata.

5. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang hingga matang (30 menit). Keluarkan dan taruh loyang di atas rak kawat. Setelah 5 menit, keluarkan cake, buang kertas roti. Dinginkan di atas rak kawat.

6. Setelah dingin, belah cake menjadi 3. Taruh selapis cake ke dalam loyang yang lebih kecil, tekan perlahan sampai masuk (cake agak mengerut sehingga akan mudah masuk). Basahi permukaannya dengan sirup rum. Sisihkan.

7. Sirup Rum:
Campur gula dan air, rebus sampai gula larut (tidak perlu mendidih). Setelah dingin, masukkan rum.

8. Vla:
Kocok lepas telur, maizena dan sedikit susu. Sisihkan. Rebus sisa susu dan gula, aduk hingga mendidih. Angkat, tuang sebagian susu panas ke dalam campuran telur, aduk cepat (dipancing). Tuang kembali telur ke dalam susu panas, aduk. Rebus kembali, sambil diaduk-aduk hingga mengental. Angkat dan setelah setengan dingin (vla tidak beruap), masukkan rum, aduk.

9. Penyelesaian:
Hangat-hangat tuang 1/2 bagian vla ke atas cake di dalam loyang. Ratakan dengan cepat sebelum vla mengeras. Tutup dengan lapisan cake bagian tengah, basahi dengan sirup, ratakan sisa vla. Terakhir tutup dengan lapisan cake terakhir. tekan-tekan sedikit untuk meratakan.

10. Lepaskan loyang bongkar pasang, pindahkan cake ke piring saji. Taburi dengan coklat bubuk.

Sumber Resep : Riana – NCC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>