the story of a lady and a young woman

Siomay Bandung

Filed under: Cemilan Asin | Tags: | January 5th, 2006
Post

Demi mengobati rindu akan siomay yang suka lewat di depan di rumah di Bogor yang biasa dijual dalam panci burik, siomay bandung ini lumayan menyembuhkan.

Bahan dasar:
350 gram daging ayam, cincang
250 gram udang, cincang
100 gram tepung kanji
2 siung bawang putih, haluskan
1 sendok makan minyak wijen
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
1 butir telur, kocok

Bahan untuk kulit:
10 lembar kulit pangsit

Sambal saus kacang:
100 gram kacang tanah, sangrai
50 gram kemiri, sangrai
2 siung bawang putih, goreng
2 buah cabai merah, kukus
1 sendok makan cuka
1/2 sendok makan garam
2 sendok makan gula pasir
100 cc air matang

Cara membuat
Adonan bahan dasar: Campur semua menjadi satu, aduk hingga rata.
Siomai: isi tiap kulit pangsit dengan adonan bahan dasar, lalu bentuk seperti mangkuk dan mekarkan tepinya, kukus sampai matang, angkat.
Sambal saus kacang: haluskan kacang tanah, kemiri, bawang putih, dan cabai merah, lalu tambahkan cuka, garam, gula, dan air, aduk rata.
Sajikan bersama-sama dengan sambal saus kacang, kecap manis, dan jeruk limau.

Sumber Resep: Gudang Resep Indonesia

3 Responses

  • Riana | February 16th, 2006 @ 09:47 | Reply

    Udah lama nih pengen bikin somay abang-abang. Kayaknya udah saatnya beneran bikin, gak cuma di kepala aja. Thank you for the recipe..

    Btw, dapurnya udah beres ya? Tombol ke “home” di mana ya?

  • Mariyam | April 10th, 2006 @ 19:10 | Reply

    Mbak,
    bikin siomaynya pake cetakan gak siy?
    kalo gak pake, gimana cara bikin kulit pangsitnya kayak mangkuk yah?

    thx,
    Mariyam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>