the story of a lady and a young woman

Cara Membuat Yogurt Sendiri

Filed under: Step by Step | Tags: | December 6th, 2006
Post

Salah satu menu sarapan (dicampur dengan madu asli, plus potongan buah yang disukai asal jangan mangga kali ya he..he..he… enaknya minta ampun) dan juga merupakan salah satu jenis cemilan yang sehat (kaya akan kalsium – untuk mencegah oesteoporosis, bakteri yang terkandung di dalamnya dapat membersihkan usus dll) adalah Yogurt. Untuk lebih jelas mengenai manfaat mengkonsumsi yogurt – mungkin lebih baik nge-google sendiri aja kali ya.

Nah, kalau beli terus-terusan yogurt di supermarket kan lumayan menguras dompet tuh – mana yang enak konon katanya yang produk import yang sudah pasti mahal. Kita beli saja yogurt yang tanpa rasa (plain) kegemaran – lalu dijadikan biang untuk membuat yogurt sendiri di rumah.

Berikut cara pembuatannya, semoga bermanfaat. Thank you, NCC !

Bahan :
1 liter susu (bisa susu murni, maupun yang dijual dalam kemasan)
200 ml yogurt tanpa rasa (plain)

Cara membuat :
Panaskan susu sampai hangat-hangat kuku.
Diamkan agar susu mencapai suhu ruang.
Lalu campurkan biang yogurt ke dalam susu.
Aduk rata, taruh dalam wadah tertutup.
Letakan wadah di tempat yang paling hangat di rumah Anda.
Jika cuaca tidak memungkinkan, bungkus wadah dengan handuk atau selimut tebal.
Biarkan selama 4 jam – 8 jam. (Semakin lama semakin asam)
Lalu taruh yogurt dalam kulkas dan yogurt pun siap disantap.

Tips :
Untuk mendapatkan yogurt yang kental, dapat ditambahkan susu bubuk 150 gr (menurut anggota NCC, Stella Utomo).

Sumber : Diskusi Milis NCC.

10 Responses

  • coni | December 21st, 2006 @ 08:51 | Reply

    Halo Mbak Syl, salam kenal…. dah sering banget ngintip di rumah ini :) lumayan buat inspirasi :) . Ternyata kita sesama pencinta yoghurt yeah :) Apalagi di India nih, tiap makan biasanya orang sini selalu pake yoghurt, jadi lumayan nih resep begini kan pas buat hemat kocek :) .

  • Pingback: Dapur SyL

  • sartika D molesworth | August 16th, 2007 @ 03:43 | Reply

    mbak yang mau saya tanya itu,cara buat yogurt sendiri itu tanpa harus memakai biang yogurt itu,yang jelasnya itu mulai dari awal pembuatan tanpa ada biang yogurt itu karena di tempat saya tinggal di indonesia jauh dari supermaket besar dan pernah saya cari itu enggak ada.jadi tolong ajari saya untuk buat yogurt itu ya,please……..

  • Ririe Granita | January 3rd, 2008 @ 23:23 | Reply

    mbak Syl..resepnya di publish ma rekan dimilis dan sikasih alamat web mbak Syl. kita sepakat memberikan yoghurt pada balita sejak 6bulan karena bagus untuk kesehatan, liat resep ini bagus buat kocek juga. cuma saya pengen nambahin buah segar, juga essence makanan rasa buah dan senang yoghurt kental yang tak terlalu asam..nah kapan tuh masukkin buah ; essence dan susu bubuk?apakah saat dihangatkan atau gimana..thx mbak syl.. :-)

  • weri | January 18th, 2008 @ 23:05 | Reply

    Salam kenal , nama saya weri
    saya mau bertanya kalau mau membuat yoghurt menggunakan susu kental manis, susu bubuk (susu indomilk) dan susu cair (Susu Ultra ) bisa tidak ??? dan tolong jelaskan alasanya…..
    terima kasih

  • meimei | February 8th, 2008 @ 20:40 | Reply

    mbak, saya udah bikin. kok gak jadi ya? susunya masih cair. gak kental2 seperti yoghurt. udah didiamkan semalaman. tapi masih gak jadi juga. bagaimana ya?

  • Ryan | February 11th, 2008 @ 22:15 | Reply

    dimana say bisa mencari / membeli biang yogurt ? kalo mau menambah rasa, seperti rasa strawbwery. Apakah setelah jadi atau dicampur pada awal proses.
    terima kasih

  • ayank (siswa sma) | February 22nd, 2008 @ 00:44 | Reply

    Tante,, kan saya dapet tugas dari skul…
    Kalo boleh tau, DAPETIN Bakteri Yogurt beli dimana yah??

  • Esther | February 25th, 2008 @ 18:45 | Reply

    Mba, setelah jadi dan simpan di kulkas, yogurt tahan berapa lama? thanks ya….

  • vino | March 21st, 2008 @ 19:18 | Reply

    halo….biang yaougurt tuh apaan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>