the story of a lady and a young woman

Baso Malang ala Mommy Atli

Filed under: Sup & Soto | Tags: | December 12th, 2005
Post

Resep asli Mommy Atli, cocok dimaem kalau lagi dingin-dingin, pas ngumpul-ngumpul sama teman atau keluarga. Proses bikinnya memang panjang, tapi hasil akhirnya yummy!

Syl rekomen untuk beli dengkul sapi untuk bikin kaldunya – makin mantep.

Kalau lagi merantau seperti Syl yang tidak ada asisten yang bantu-bantu di dapur, akan lebih praktis kalau baksonya dibikin sehari sebelumnya. Dengan 1 kg daging giling – jadinya banyak cukup banyak, bisa coba dengan setengah resep.

Selamat mencoba, dijamin ketagihan ;) .

Bahan Dasar Bakso:
1 kg daging giling
250 gram tepung kanji/sagu
1 sdt baking soda
3 butir telor
3 sdm bawang goreng
8 siung bawang putih, rajang halus
1 daun bawang, rajang halus
1 sdt beef stock
2 sdm minyak wijen
2 sdm saos tiram
1 sdt merica
2 sdt garam

Pangsit dan siomay:
40 lembar wonton skin

Pencelup baso goreng, campur menjadi satu:
2 sdm tepung beras
75 ml air
1/2 sdt garam

Bahan Kuah:
1.5 liter kaldu sapi/ayam
Garam secukupnya
1 sdt merica bubuk
1 batang daun bawang, rajang halus
1 buah bawang bombay, rajang halus
4 siung bawang putih, memarkan
1 sdt beef stock

Pelengkap:
3 daun bawang, rajang halus
Bawang goreng secukupnya
Mie kuning/bihun basah
Kecap manis sesuai selera
Sambal baso

Cara Membuat:
1. Tumis bawang putih dan daun bawang sampai harum.

2. Giling bahan tumisan dengan sisa bahan menggunakan food processor sampai halus.

3. Pangsit goreng:
- Sisihkan 20 lembar wonton skin
- Isi tiap lembar dengan 1 sdt adonan dasar
- Lipat segitiga, lalu rekatkan kedua ujung dengan sedikit air
- Goreng sampai kekuningan

4. Siomay:
- Sisihkan 20 lembar wonton skin
- Isi tiap lembar dengan 1 sdt adonan dasar
- Lipat segitiga, lalu rekatkan kedua ujung dengan sedikit air
- Rebus hingga mengapung

5. Baso goreng:
- Sisihkan 1/2 dari sisa adonan dasar
- Bentuk bulat-bulat
- Celupkan pada bahan pencelup
- Goreng sampai kekuningan

6. Baso rebus:
- Bentuk bulat-bulat sisa adonan dasar
- Rebus hingga mengapung

7. Kuah:
- Didihkan kuah
- Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum
- Masukkan bahan tumisan ke dalam kuah
- Masukkan daun bawang, garam, merica, dan beef stock
- Setelah tercampur rata, masukkan baso rebus

8. Penyajian: Sajikan pangsit goreng, baso goreng, siomay dan mie/bihun pada mangkok, siram dengan kuah beserta baso rebus. Taburi daun bawang dan bawang goreng. Bubuhkan kecap manis dan sambal sesuai selera. Di Jawa Timur, biasanya ditambahkan saos tomat merah (khusus bakso).

Resep Asli : Mommy Atli

3 Responses

  • Dely | December 19th, 2005 @ 07:49 | Reply

    Hi Syl,

    Enak banget penampilan baksonya… jadi patut di coba nih kalo pas dingin2 seperti skrg ini.

    salam kenal

    Dely

  • Iin | December 25th, 2005 @ 19:48 | Reply

    Hi..Syl…
    ga sengaja nyari resep empal..eh malah ketemu Syl ….ok banget nih …..sering2 mampir boleh yaaa..??bye…mo nyoba bikin bakso dulu nihhhh

  • mak nq | October 12th, 2006 @ 13:38 | Reply

    lagi di jrmn ikut suami yg lagi sekolah di jrm.nah pas puasa begini pada mau yg bassssah…bassssahhh,pusing nyari resep deh..lumayan ketemu resp ini.tapi tst aja ya kalo di indo gua kagk pernah massssssak (sian yaa) jadi rada bingung ama beef stock..btw danke yaa syl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>